Top Movie
47 Ronin (2013) Lihat!

Senin, 08 April 2013

Mendiagnosa Permasalah pada Power Supply

Label:
Assalamualaikum Wr Wb......
         

            Artikel kali ini saya akan membahasa bagaimana cara mendiagnosa kerusakan pada “Power Supply”

            Power Supply di gunakan untuk menyediakan dan mengalirkan arus listrik untuk komponen yang ada dalam CPU.Tegangan yang di hasilkan oleh  power supply dipakai untuk menghidupkan komponen lain seperti Harddisk ,CD-Room , dan Motherboard. Listrik yang di terima oleh Motherboard, akan di bagi lagi kepada perangkat USB lainnya seperti keyboard dan mouse.

            Jika POWER SUPPLY rusak maka dapat di pastikan komputer tidak akan menyala alias mati total, adapun power supply menyala tetapi ada bagian komponen dari PC yang tidak berfungsi , misalnya HARDISK kita tidak terdeteksi oleh PC padahal kipas power supply menyala dan kabel data hardisk kita berfungsi , kemungkinan hal tersebut terjadi karena  kabel sumber tegangan yang memberikan tegangan pada hardisk bermasalah
Berikut  cara menguji kerusakan pada power supply, ada 3 cara tes Power Supply :  

  1. Menggunakan multimeter , hal ini dilakukan apabila kita ingin mendiagnosa permasalah pada kabel tegangan PSU , kita dapat mengetahui kabel yang memiliki tegangan dan tidak.
  2. Menggunakan power supply tester untuk melakukan tes otomatis , kita hanya tinggal menghubungkan kabel 20 atau 24 pin ke konektor yang telah disediakan.
  3. Tes manual dengan menghubungkan kabel hitam dan hijau menggunakan kabel pendek , untuk mengetahui power supply masih berfungsi atau tidak.


     








      

Berhubung ada gangguan sewaktu bloging saya tidak bisa menulis artikel secara lengkap , tapi anda bisa mendowloadnya di sini










|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

twitter

Sponsors : Best Themes | New WP Themes | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Android Jelly Bean - All Rights Reserved
Template Design by Shihara | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
Blogger Widgets